Monday, June 9, 2014

Malu bertanya, sesat di jalan. Bertanya online, sesat di mana?

Reading time: 5-10 minutes


"Malu bertanya, sesat di jalan."


Apa kabar para pembaca? 

Sebaiknya saya memulai posting ini dengan pertanyaan, supaya saya tidak tersesat di jalan #apasih. Awalnya, saat nongkrong gaul beberapa saat lalu di sebuah tempat eksklusif yang sering kita sebut toilet, saya sedang berpikir kira-kira apa topik yang menarik untuk dibahas di blog yang isinya semacam gado-gado ini. Bak blogger profesional, saya mulai deh berpikir topik-topik yang kira-kira memiliki pengaruh positif terhadap peradaban manusia. Nggak ketemu. 

Sebelum pikiran saya ke-distract (fyi, saya tipe orang yang memiliki state of mind yang selalu berloncatan ke sana kemari. Idenya banyak, terus hilang fokus, lupa deh.) tiba-tiba saya teringat dengan salah satu situs yang sepertinya akhir-akhir ini sering saya lihat di news feed Facebook dan Twitter. Apakah itu? Situs tersebut adalah Ask.fm.

1. Ask.fm (www.ask.fm)


Untuk yang belum tau, nih sedikit mengenai Ask.fm. Ask.fm adalah sebuah situs social media di mana aktivitas utama yang dapat dilakukan sangat simple, yaitu bertanya. Situs ini menyediakan fitur agar kita bisa bertanya secara publik pada orang-orang yang juga punya akun di Ask.fm, begitupun sebaliknya. Jadi kegiatan kita di situs tersebut ya saling bertanya dan menjawab aja. Kita juga bisa jadi anonim dalam melontarkan pertanyaan, mungkin tujuannya supaya kita tidak malu-malu bertanya lagi.

Dengan kesederhanaannya itu, saya jadi ikutan bertanya-tanya. Kenapa situs ini cukup populer ya di Indonesia? Well, memang nggak sepopuler Facebook dan Twitter yang penggunaannya sudah hampir mengalahkan kegiatan bernapas, tapi setelah saya search di Google, jumlah penggunanya, tebak berapa? 112 juta orang.

Sekilas info, sebenarnya sebelum ada Ask.fm ini, ada situs pendahulunya yang kurang lebih fungsinya sama, yaitu Formspring.me. Mengikuti naluri remaja saya (dulu saya mencoba menggunakannya saat berusia 15-16 tahun), saya mencoba menggunakan situs Formspring.me ini. Ternyata, bertanya dan menjawab itu cukup menyenangkan, dan membuat cukup ketagihan. Situs ask.fm dan Formspring.me ini juga punya fitur random question kalau kita sedang mood untuk menjawab segala macam pertanyaan, seperti "What is your biggest weakness?" atau "What three things do you think of most each day?". Pertanyaan-pertanyaan yang membuat kita berpikir, tapi membuat kita senang saat bisa menjawabnya dengan baik.

Sepertinya situs ini cukup populer karena manusia pada dasarnya punya keingintahuan yang besar terhadap orang lain. Karena itu salah satu cara menyalurkannya (menyalurkan kekepoan anda) adalah dengan bertanya. Sebetulnya positifnya situs ini bisa digunakan untuk saling bertukar saran dan pendapat, tapi sayangnya banyak sekali penyalahgunaan fitur Anonim (mentang-mentang nggak ketahuan siapa yang nanya), sehingga juga banyak pertanyaan yang... seenak jidat.

Overall, menurut saya terlepas dari keunikannya, situs ini cocok digunakan saat senggang atau bosan saja, sih. No offense untuk yang ngefans dan aktif di situs ini, ya.

2. Yahoo! Answers (www.answers.yahoo.com)


Nah... Gara-gara Ask.fm, saya jadi ingat masa-masa ketika saya masih alay (jangan ketawa, saya tahu anda juga pernah alay). Tapi jangan salah, di masa ke-alay-an saya itu saya belajar banyak mengenai internet. Salah satunya, Yahoo! Answers ini. Berbeda dengan Ask.fm dan sejenisnya, Yahoo! Answers adalah semacam forum tanya-jawab yang dibuat oleh Yahoo! (yaiyalah) supaya penggunanya bisa berbagi informasi berguna. Forum ini dibagi menjadi topik-topik tertentu, dari pendidikan, hiburan, teknologi, sampai curhat-curhat lucu. 

Niat dari pembuatan situs ini sangatlah mulia, dan sepertinya dulu Yahoo! Answers sempat berjaya. Saya dulu cukup sering bertanya di forum ini apabila ada pelajaran sekolah yang tidak saya mengerti #pencitraan. Sekarang layanan Yahoo! Answers ini sudah tidak kedengaran lagi. Bener nggak? Jangan-jangan cuma saya yang tahu soal situs ini.

pertanyaan nggak penting yang sering ditemui di Yahoo! Answers. sumpah, ini bukan saya.
contoh lainnya. cari di Google, ada banyak.

3. Quora


Pernah dengar mengenai Quora? Kalau belum, you really need to check it out.
Quora adalah situs forum tanya-jawab yang punya kredibilitas sangat baik. Dengan taglinenya, "Your best source of knowledge", situs ini menjadi wadah untuk saling berbagi pengetahuan dan pendapat pribadi mengenai suatu topik. Apa bedanya dengan Yahoo! Answers? Pertanyaan-pertanyaan di Quora adalah pertanyaan yang lebih berbobot dan kontennya dikelola dengan sangat baik oleh komunitas penggunanya. sehingga apabila kita hanya browsing-browsing iseng pun di Quora, kita bisa menemukan informasi atau pengetahuan yang berguna. Quora sudah pernah difiturkan di dalam artikel yang dipublikasikan pada The New York Times, USA Today, TIME, dan The Daily Telegraph UK.
Jujur saja saya belum terlalu banyak mengeksplor situs ini. Tapi, from what I've found so far, this website is one of cool websites you'd rather spend your time on.
Kalau penasaran, langsung aja cek di sini, Most Viewed Quora Questions.

Konklusinya?

Situs-situs di atas punya satu karakteristik yang sama, fungsi dasarnya adalah melestarikan budaya bertanya dan berbagi pengetahuan. Tentunya sama seperti situs-situs lainnya, ada pro dan kontra dalam penggunaannya. Banyak yang bilang sarana-sarana seperti ini membuat kita menjadi malas (karena sedikit-sedikit nanya), meningkatkan risiko kejahatan secara online, dan sebagainya.
Ingat, nggak semua hal yang ada di internet itu benar, jadi jangan mudah percaya dengan informasi yang dipublish di internet (tiba-tiba teringat hot-hotnya topik mengenai black campaign).
As cliche as it always sounds, yuk gunakan sarana-sarana yang super canggih ini dengan lebih bijak. Sebaiknya jangan menggunakan situs-situs ini sebagai sarana membully orang lain, spamming, flaming, melakukan penipuan, dan sebagainya. 
Demi keamanan kita sendiri, sebaiknya jangan sembarangan mempublikasikan informasi pribadi, karena juga dapat disalahgunakan orang lain.

Oke deh, sekian dulu posting saya kali ini. Ada pendapat mengenai situs-situs di atas atau mengenai tanya-jawab online? Ditunggu komentarnya :)

5 comments

  1. jaja ada 1 lg yg kurang, stackoverflow.. ��
    banyak bantu bgd buat ngerjain skripsi n kerja..

    ReplyDelete
  2. nice topics.

    http://jefri-wijaya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. tapi kalau online shop kayaknya kesel banget sama calon pembeli yang nanya tanpa mau usaha baca informasi dulu :D

    ReplyDelete

Thanks for your comment!

© Janet Valentina
Maira Gall